Semakin gencarnya aplikasi pendataan pendidikan secara online, alamat email mutlak wajib dimiliki oleh lembaga penyelenggara pendidikan itu sendiri. Alamat email tersebut sangat diperlukan karena fungsinya yang dapat mengirim dan menerima file dari jarak jauh secara cepat. Dan berkaitan dengan aplikasi pendataan pendidikan, alamat email biasanya dijadikan syarat untuk memiliki sebuah akun aplikasi.
Penyedia layanan yang banyak dianjurkan untuk membuat alamat email adalah Gmail. Selain cara pembuatannya yang mudah, Gmail juga memiliki fungsi yang banyak, diantaranya saja adalah untuk membuat blog, membuat akun Youtube, membuat akun Adsense, dan lain sebagainya.
Berikut ini diuraikan cara pembuatan email dengan menggunakan Gmail.
1. Pastikan kita memiliki akses jaringan internet.
2. Kunjungi alamat
gmail.com, maka akan tampil form login Gmail
3. Klik tombol "Buat akun" seperti yang terlihat pada gambar di atas.
4. Jika sudah, maka akan muncul form isian biodata yang harus dilengkapi.
5. Isi data dengan lengkap. Nama diisi dengan nama depan dan nama belakang. Selanjutnya nama pengguna diisi dengan alamat email yang diinginkan. Namun tidak semua alamat email yang diisi tersedia. Untuk menanggapinya gunakan alamat email dengan perpaduan kata dan angka. Misalnya jamaludin79@gmail.com. Selanjutnya pada kotak "Buat sandi", isi dengan sandi sesuai keinginan kita. Diupayakan perpaduan huruf dan angka, namun yang mudah diingat. Lalu ulangi mengetikan kata sandi yang sama pada kotak "Konfirmasi sandi Anda". Lanjutkan isi data selanjutnya dengan lengkap.
6. Jika sudah, klik tombol "Langkah selanjutnya".
7. Jika benar, maka akan muncul tampilan Selamat datang!. Selanjutnya klik tombol "Lanjut ke Gmail".
8. Selanjutnya akan muncul jendela panduan Gmail, sebaiknya close saja dengan cara mengklik tanda silang di sudut kanan atasnya.
9. Kita akan masuk ke kotak masuk email. Dan dengan demikian maka, Selamat......... akun email kita siap digunakan.